Rangkuman Buku “All the President’s Men”


Oleh : Carl Bernstein & Bob Woodward

1.1   Sabtu, 17 Juni 1972, asisten editor Washington Post menelepon Woodward yang baru sembilan bulan bekerja. Lima orang ditahan karena kasus pembobolan di markas Partai Demokrat dengan membawa peralatan fotografi. Dia baru saja menyelesaikan sebuah artikel bersambung tentang percobaan pembunuhan Gubernur Alabama George Wallace. Terdapat Carl Bernstein yang juga menangani kasus pembobolan tersebut. Mereka belum pernah menangani sebuah pemberitaan bersama-sama.


Staf redaksi nasional harian Washington Post jarang meliput pemberitaan kepolisian. Dari berita yang masuk dari Associated Press, McCord perlu diperiksa lebih lanjut. Malam itu, dengan mengendarai mobilnya Woodward pergi ke rumah McCord. Di kantor keesokan paginya, Woodward membuat daftar petunjuk.

1.2    Dalam konferensi pers, 22 Juni, Presiden Nixon muncul untuk pertama kalinya guna mengomentari kasus penyusupan.satu jam setelah pernyataan Presiden, Devan L. Sumway, direktur humas CRP, berkata pada wartawan bahwa John Mithchell telah memerintahkan dilakukannya investigasi internal sehubungan dengan penyusupan di markas Partai Demokrat. Pada 1 Juli, Mitchell mengundurkan diri sebagai manajer kampanye Nixon.

Tak lama setelah nama Charles Colson menarik perhatian Bernstein untuk pertama kalinya, seorang wartawan memberi informasi bahwa Colson pernah satu kali berkencan dengan seorang wanita muda yang bekerja di Gedung Putih. Sementara itu, Howard Hunt tidak terlihat lagi sejak berbicara sebentar dengan Woodward melalui telepon.

1.3    Enam minggu setelah pernyataan pertama Mitchell, penegasan komite bahwa mereka tidak terlibat dengan skandal Watergate mulai dipertanyakan. Sebelumnya, George McGovern mengumumkan bahwa mitra seperjuangannya, Senator Thomas F. Eagleton dari Missouri, mengundurkan diri dari pencalonan Partai Demokrat. Kemungkinan Richard Nixon akan terpilih kembali semakin besar. Woodward menelepon penyidik GAO setiap hari untuk mencari informasi mengenai perkembangan audit. Pada 16 Agustus, Clark McGregor mengadakan pertemuan dengan sekelompok wartawan Gedung Putih, dan untuk mengalihkan tanggung jawab kepada Liddy.

Pada 22 Agustus, hari kedua konvensi Partai Republik di Miami, halaman depan harian Post melaporkan penemuan awal dari audit GAO. Sampai berita tanggal 1 Agustus tentang cek Dahlberg, hubungan kerja antara Bernstein dengan Woodward lebih bersifat kompetitif. Lama-kelamaan perasaan saling tidak percaya dan saling mencurigai di antara Bernstein dan Woodward memudar.hari Sabtu, 26 Agustus, di Washington, Woodward menerima laporan GAO yang akhirnya disebarluaskan. Sejak 17 Juni, CRP tidak dapat diganggu gugat, seakan tidak dapat ditembus seperti birokrasi tingkat nasional super rahasia.

1.4    Woodward mempunyai seorang narasumber di Badan Eksekutif dengan akses informasi ke CRP dan Gedung Putih. Kedudukan Deep Throat di Badan Eksekutif sangat sensitif. Deep Throat pernah mengatakan bahwa Sloan sebelumnya tidak tahu mengenai penyadapan atau bagaimana uang dipergunakan. Selain itu, ia juga mengatakan dengan jelas bahwa penarikan uang digunakan untuk membiayai penyadapan di Watergate. Sloan tahu siapa sebenarnya yang bersalah atau setidaknya mengetahui hal yang mengarah kepada orang yang bersalah.

Mitchell tahu tentang penyadapan dan beberapa hal lain. LaRue adalah ajudan Michell yang kemungkinan terlibat banyak hal. Dari penjelasan pegawai pembukuan, bernstein menduga Liddy dan Porter masing-masing telah menerima lebih dari $ 50.000. sloan membenarkan kecurigaan Bernstein. Bernstein menghubungi seorang agen FBI yang ditugasi menangani kasus Watergate.

1.5    Bernstein dan Woodward berpendapat bahwa tanda-tanda mulai jelas mengarah kepada John Mitchell. Setelah pengunduran dirinya sebagai manager kampanye Nixon, Mitchell terus membantu memberi pengarahan agar presiden terpilih kembali. John Mitchell telah memerintahkan pengeluaran dana kampanye untuk kegiatan yang tampaknya ilegal untuk menghadapi oposisi politik. Sloan telah memberitakan seluruhnya perihal dana kepada para penyidik, begitu pula dengan pegawai pembukuan. Mitchell telah lolos dari dakwaan sewan juri yang akan menjaga rahasianya, tapi kedua wartawan itu meneriakkan rahasianya keras-keras.

Dalam rekaman wawancara lima jam bersama Jack Nelson, Baldwin tidak memberikan nama setiap individu yang mungkin telah melihat memo penyadapan. Dua orang yang menerima memo tersebut adalah Robert Odle dan William E. Timmons. Baldwin menunjuk nama J. Glenn Sedam sebagai penerima ketiga. Pemberitaan tersebut tidak benar dan keputusan untk mempercepat proses naik cetak ternyata salah. Tiga orang terlanjur dirugikan.

1.6    Pada malam tanggal 28 September, Bernstein menerima telepon dari pengacara pemerintah yang mengaku mempunyai informasi. Bernstein berusaha membangkitkan minat Woodward terhadap cerita Shipley, tetapi Woodward skeptis. Shipley tidak memiliki bukti bahwa tawaran tersebut dilakukan atas nama tim kampanye pemilihan kembali Richard Nixon. Shripley tidak tahu banyak tentang aliran politik Segretti.Sloan menolak menjawab tentang apakah Kalmbach termasuk orang-orang yang akan menerima uang dari lemari besi Maurice Stans.

Ada tiga orang yang lebih tinggi daripada John Mitchell: John Ehrichman (mungkin), Haldeman, dan Richard M. Nixon. Untuk pertama kalinya, Bernstein mempertimbangkan kemungkinan bahwa Presiden Amerika Serikat adalah kepala para penggerogot yang tercela itu. Deep Throat memiliki akses informasi dari Gedung Putih, Kehakiman, FBI, dan CRP. Dia sependapat bahwa Woodward dan Bernstein benar tentang keterlibatan para petinggi dalam kasus penerobosan Watergate, serta kegiatan ilegal lain.

1.7    Woodward tidak terlalu yakin bahwa Clawson aka terlibat dalam permainan kotor demi Gedung Putih, segera setelah keluar dari harian Post untuk menjadi staf presiden. Marilyn Berger, mantan wartawan Newsday yang berusia 37 tahun adalah spesialis masalah diplomatik. Woodward mengatakan bahwa para redaktur percaya kepada Marilyn Berger dan harian Post akan mencantumkan hal-hal yang dilaporkan perempuan itu.

1.8    Woodward dan Bernstein menyimpulkan Ehrlichman mungkin satu-satunya ajudan Gedung Putih yang cukup bersih dalam kasus Watergate. Surat kabar di seluruh negeri pagi berikutnya memuat laporan tentang kemarahan anak buah Presiden. Pada 8 Oktober, The New York Times menurunkan sebuah tulisan yang sangat merusak posisi Gedung Putih.

1.9    Meskipun John Mitchell yang menjadi manajer kampanye Nixon pada 1972, tapi, sebenarnya CRP adalah pembentukan Bob Haldeman yang kebetulan menjabat posisi eksekutif di Gedung Putih. Dwight Chapin adalah salah seorang abdi setia atau “eager beaver” yang paling dipercaya oleh Haldeman. Salah satu metode operasi Haldeman adalah “penyangkalan”. Deep Throat takkan menyebut nama Hadelman dengan mulutnya sendiri.

Siang hari 24 Oktober, mereka menulis berita tantang Haldeman. Sekretaris pers Gedung Putih Gerald Warren menyatakan bahwa berita yang dibuat didasarkan pada informasi yang salah. Tak diragukan lagi bahwa Sloan membenarkan fakta Haldeman sebagai orang kelima yang mengendalikan dana.

1.10  Setelah kekeliruan berita tentang Hadelman tempo hari, mereka masih terung menghadapi rintangan. Sehari setelah Pemilu, Bradlee dan Simons meminta Sussman memberikan catatan kecil yang memberitahukan bagaimana Bernstein dan Woodwar akan melaksanakan tugas investigasi. akhirnya, Sergetti mengaku bahwa dia direkrut oleh Chapin. Sergetti membenarkan bahwa dia pernah bertemu Howard Hunt dan seorang pria yang dia sangka Gordon Liddy dari Miami. Hunt telah memintanya mengatur sebuah demonstrasi anti-Nixon untuk mempermalukan McGovern.

Bernstein dan Woodward tidak menghadiri rapat Ziegler karena mereka merasa bisa mendapat informasi dari mana saja. Sejak itu, Gedung Putih mulai mengeluarkan Washington Post dari daftar pers yang bisa meliput acara-acara ramah-tamah di Executive Mansion. Tak lama kemudian, tantangan berupa gugatan kepemilikan harian Post atas dua stasiun televisi di Florida dilayangkan Komisi Komunikasi Federal.

1.11  Hakim Sirica ingin agar Bernstein dan Woodward hadir di ruang sidangnya pukul 10.00 pada 19 Desember. Sidang tersebut tentang masalah pembelaan untuk memaksa Los Angeles Times agar menyerahkan kaset dan catatan yang memuat wawancara dengan Alfred C. Baldwin. Siang itu, Woodward kembali ke ruang sidang Hakim Sirica untuk menghadiri sidang tentang informasi Baldwin yang dimiliki Los Angeles Times.

Persidangan berlangsung selama dua minggu lagi. Woodward dan Bernstein terus hadir, memilah-milah bukti-bukti dan berkas-berkas yang diajukan ke pengadilan. Pada 23 Januari, beberapa saksi dari komite Nixon dijadwalkan untuk bersaksi: Jeb Magruder, Bart Porter, Rob Odle, dan Hugh Sloan. Berstein dan Woodward menulis analisis berita panjang untuk meringkas persidangan.

1.12  Pada 24 Januari, Woodward bertemu dengan Deep Throat. Deep Throat hanya merespons pada informasi baru, dia tidak terpancing untuk menjelaskan tentang Plumbers, pengakuan bersalah dalam persidangan, atau teka-teki Z. pertemuan dengan Deep Throat ini menimbulkan perselisihan paling serius antara Bernstein dan Woodward sejak mereka mulai bekerja sama tujuh bulan sebelumnya.

Gedung Putih mengedarkan pernyataan bahwa Kennedy muncul untuk menuntaskan dendam lama dan meluncurkan pencalonan pada 1976. Informasi dari Deep Throat dan Z dan beberapa kepingan serta potongan lainnya dapat membantu penyelidikan sampai pada tujuannya.

1.13  Pada Mei 1972, Barker dan Sturgis muncul tanpa diundang pada pertemuan warga Kuba di pengasingan di Miami, dan mencoba mengambil alih rencana untuk mengorganisasi demonstrasi supaya mendukung pertambangan. Dalam sebuah rapat, Nixon mengatakan bahwa uang sisa kampanye bisa digunakan untuk membuat Washington Post turun oplahnya. Sidang untuk mendengarkan kesaksian Pat Gray ditetapkan pada 28 Februari. Pada 22 Maret, Gray bersaksi bahwa John Dean “mungkin” berbohong ketika berbicara kepada FBI 22 Juni bahwa Dean tidak tahu Howard Hunt memiliki sebuah kantor di Gedung Putih. Sehari sebelumnya, subpoena terhadap kedua wartawan Post dan jajaran eksekutif surat kabar telah dibatalkan.

1.14  Simons mendapat telepon dari seorang pengacara yang mewakili John Dean. Orang itu mengancam akan mengajukan gugatan pencemaran nama baik jika Post menulis tentang tuduhan Dean. Woodward memutuskan untuk mengajukan permohonan kepada deputi sekretaris pers, Gerald Warren, untuk melakukan wawancara dengan Presiden. Selama beberapa bulan, Watergate telah menimbulkan ketegangan dalam hubungan yang tidak akur antara redaksi kota dengan redaksi nasional di harian Post.

Jika ada wartawan Washington yang tidak mungkin terpengaruh manipulasi Gedung Putih, Bernstein dan Woodward berpendapat orang itu pasti Seymour Hersh dari New York Times. Kesaksian McCord menyebut Parkinson dan almarhumah Dorothy Hunt, istri Howard Hunt, sebagai salura pembayaran kepada para konspirasi. The New York Times edisi 19 April, mengusung lima kolom kepala berita kasus Watergate. John Dean dilaporkan siap melibatkan orang lain, jika didakwa.

1.15  Dean hanya “pelaksana” untuk urusan menutup-nutupi ini. Bagi Woodward dan Bernstein, permainan baru di kota adalah mencari “rekan” atau “teman” pemain Watergate yang secara anonim bersedia mengungkapkan kejadian tersebut menurut versi mereka. Hadelman dan Ehrlichman sudah tamat. John Dean akan melibatkan Presiden dalam kasus menutup-nutupi itu.

1.16  Bukannya menurunkan berita tentang Dean dan Presiden, mereka menggabungkan informasi bahwa ajudan senior Gedung Putih menyimpulkan bahwa Haldeman dan Ehrlichman terlibat dalam upaya menutup-nutupi. Sudah seminggu Bernstein dan Woodward menggarap berita tentang Dean. Pembeberan bahwa Hunt dan Liddy yang mengatur penyusupan ke kantor psikiater Daniel Ellsberg tak terhindarkan lagi menyangkutkan Watergate dengan persidangan di Los Angeles. Pada 17 Mei, sidang Watergate dimulai. Dalam sidang pada bulan Januari, Departemen Kehakiman memastikan bahwa petugas-petugas kelas rendahan seperti Gordon Liddy merupakan ujung tombak persekongkolan Watergate.

1.17  Presiden telah memecat jaksa kasus Watergate yaitu Archibald Cox, yang pernah mengajukan subpoena kesembilan rekaman tape kepresidenan. Sekitar akhir Februari 1974, tim jaksa khusus Watergate menerima permohonan bersalah dari Jeb Magruder, Bart Porter, Donald Sergetti, Herbert Kalmbach, Freed LaRue, Egil Krogh, dan John Dean. Pada 1 Maret, dewan juri Washington menyerahkan surat dakwaan utama pada kasus menutup-nutupi Watergate.

Comments

Popular posts from this blog

Perbedaan Rating dan Share

Pacuan Kuda Arcamanik Tinggal Kenangan

Rangkuman Buku Jurnalisme Investigasi - Septiawan Santana